Mungkin kalian bertanya – tanya, untuk apa sih saya dari kemarin – kemarin share mengenai tutorial aplikasi Macromedia Freehand MX. Freehand MX adalah sebuah aplikasi design, baik itu untuk foto, spanduk, dsb. Tapi disini saya menggunakan freehand mx untuk membuat design layout PCB elektronik, sebelum kita buat bentuk fisiknya.

Sebetulnya setahu saya freehand mx pun sudah tidak update lagi, karna sudah dibeli oleh Adobe dan sekarang menjadi Adobe Ilustrator. Tapi freehand mx pun sudah cukup mumpuni untuk membuat sebuah layout PCB.

Mungkin secara fungsi tool – tool yang ada, saya akan sehare cukup sebagian saja, tidak sampai semua tool secara benar – benar mendetail, kecuali ada permintaan dari viewer blog ini J nanti kedepannya saya akan buat tutorial cara menggunakan freehand mx untuk membuat layout pcb. Dimana kurang lebih prosesnya akan seperti ini :

  1.       Buat skema elektronik yang ingin dibuat
  2.       Buat layout PCB di kertas biasa
  3.       Beli komponen – komponen yang diperlukan
  4.       Ukur jarak antar kaki komponen
  5.       Ubah ukuran halman kerja di freehand sesuai dengan PCB yang ingin kita buat
  6.       Buat bentuk lubang komponen difreehand untuk setiap komponen
  7.       Atur posisi setiap komponen
  8.       Beri jalur untuk setiap komponen

Related Post :