Masih membahas soal laptop, dulu saat saya diberi laptop oleh saudara saya, saya diberi tahu untuk tidak menggunakan baterai laptop jika kita bisa menggunakan chargernya, agar menjaga baterai tidak cepat drop maupun rusak. Tapi setelah dipikir – pikir karena saya juga sekarang kuliah jurusan T. Elektro, dan terdapat juga opsi lain yang mengatakan bahwa hal tersebut dapat merusak mesin sehingga kita harus menggunakan baterai, jika habis kita charge dulu sampai penuh, dan setelah penuh baru kita lepas lagi charger tersebut.

Kedua hal tersebut ada benarnya dan ada salahanya, pada opsi pertama dikatakan bahwa kita harus melepas baterai laptop untuk menjaga kualitas baterai kita. Memang benar, kalau kita jarang menggunakan baterai, maka baterai kita akan jauh lebih awet. Tapi tentu hal ini akan membuat laptop kita mudah rusak, kenapa?

Anggap saja rata – rata sebuah laptop memiliki baterai bertegangan 11,1 volt dan charger bertegangan 16 volt. Sesuai setelah pabrik, laptop dapat digunakan menggunakan baterai yang berteganan 11,1 volt tersebut. Jika kita langsung mencolokkan charger sebesar 16 volt tanpa menggunakan baterai, maka laptop yang seharusnya diberi teganan 11 volt jika kita beri langsung 16 volt, cepat atau lambat akan merusak mesin tersebut karena kelebihan tegangan. Seperti handphone jika diberi tegangan berlebih dapat merusak mesin handphone tersebut.

Saya sendiripun tidak dapat memastikan 100% mengenai hal diatas, karena bisa saja dalam sebuah mesin laptop tersebut, terdapat filter dan pembatas tegangan sehingga 16 volt tersebutpun dapat disesuaikan seperti menggunakan baterai. Meskipun demikian, belum tentu semua laptop memiliki pembatas tegangan seperti itu.

Dan kekurangan lainnya adalah jika kita sedang mengerjakan tugas ataupun asik bermain laptop, dan tiba – tiba mati listrik, maka laptop kitapun akan mati. Okelah jika kata hanya sedang bermain game? Bagaimana jika kita sedang mengerjakan tugas yang penting dan belum disave? Repot kan? Haha

Jadi bagaimana? Anda lebih pilih baterai anda yang rusak atau mesin laptop anda yang rusak? hehe

Related Post :