Tutorial Excel 2007 : Pengenalan microsoft excel 2007

Okeh, kali ini dan beberapa artikel berikutnya akan saya bahas mengenai excel 2007. Kenapa saya membahas aplikasi Microsoft excel 2007 ini? Mungkin aplikasi ini memang aplikasi dasar yang hampir seluruh orang sudah tau cara menggunakannya. Tapi sebetulnya banyak terdapat rumus atau cara – cara yang tidak semua orang ketahui, karena kita rata – rata ya hanya membuat sebuah data pada kolom dan baris, tapi tidak menggunakan rumus -  rumus maupun fungsi yang ada.

Berhubung sekarang tempat kerja saya yang baru sering menggunakan excel, dan banyak juga menu – menu yang baru saya ketahui, maka tertariklah saya untuk membuat tutorial ini, sekaligus menambah wawasan saya juga.

Lalu kenapa saya pilih 2007? Menurut saya semua aplikasi dibawah Microsoft Office 2007 sama saja dan cukup simple. Tapi terdapat perbedaan yang mencolok pada 2007 keatas, selain itu Microsoft office 2007 bisa membuka file Microsoft office dibawah 2007, sedangkan aplikasi dibawah Microsoft Office 2007 seperti Microsoft office 2003, tidak dapat membuka file Microsoft Office 2007 keatas.

Baik, sekarang kita perkenalkan dulu dasar – dasarnya mengenai Microsoft excel 2007.

·         Pada aplikasi Microsoft excel, terdapat baris (kotak yang mengarah kesamping) dan kolom (kotak yang mengarah kebawah). Pada Microsoft excel 2007 terdapat 1.048.576 Baris dan 16.384 Kolom
·         Terdapat sheet (lihat gambar dibagian bawah) atau halaman kerja, pada aplikasi lain, satu file 1 halaman kerja yang saling menyambung antar halaman. Kalau dimicrosoft excel kita bisa membuat banyak lembar kerja pada 1 file dan tidak saling terhubung setiap halamannya.
·         Terdapat banyak rumus perhitungan maupun pengolahan data antar kolom dan baris. Seperti penjumlahan, pembagian, pengurangan, perkalian, dan lain sebagainya.

Dan masih banyak lagi hal yang akan kita bahas pada artikel – artikel berikutnya.

Related Post :