Mengesalkan jika kita sebagai blogger yang menulis seluruh artikel kita sendiri, dijiplak tanpa ijin, dan benar – benar seluruh artikel serta gambar – gambarnya dijiplak juga. Mungkin jika kita penjiplak, lalu artikel kita dijiplak lagi oleh orang lain perasaan kita biasa saja memang. Tapi bagaimana jika saya yang walau blog baru seumur sebiji jagung, dan baru memiliki beberapa puluh artikel, tapi itu hasil tulisan saya sendiri. Tentu saya tidak rela jika artikel saya dijiplak tanpa seizin saya.

Jika kita ingin mencari bahan tulisan untuk blog kita, memang tidak salah mencari sumber refrensi dari luar, tapi cobalah diubah sedikit dengan bahasa anda sendiri. Agar tidak 100% juga kita dicap sebagai penjiplak.

Pada artikel kali ini, saya akan berikan sedikit tips untuk pengguna blogger agar blog kita tidak mudah dicopas begitu saja. Yaitu dengan menggunakan 2 buah script, yaitu untuk mematikan fungsi klik kanan mouse dan mematikan fungsi keyboard, seperti ctrl u, a, c, dsb. Sehingga tidak mudah untuk mengkopi artikel kita. Berikut ialah langkah – langkahnya

·         Login ke account blogger anda
·         Masuk ke bagian Template >> Edit html
·         Cari kata “<body>” lalu ganti dengan “<body onkeydown=”return false;”>” (tanpa tanda kutip). Kode diatas berfungsi untuk mematikan fungsi keyboard, sehingga shortcut – shortcut seperti ctrl + c, + a, dsb. Tidak bisa digunakan
·         Lalu cari kode “<head>” dan taruh script ini dibawahnya (tanpa tanda kutip)

<script language='JavaScript' type='text/JavaScript'>

http://htmlgenerator.weebly.com

var tenth='';function ninth() {

if (document.all) {(tenth);alert("Dilarang Copy-Paste Artikel Admin"); return false;}}

function twelfth(e) {

if (document.layers||(document.getElementById&&!document.all)) {

if (e.which==2||e.which==3) {(tenth);return false;}}}

if (document.layers) {document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=twelfth;}

else{document.onmouseup=twelfth;document.oncontextmenu=ninth;}

document.oncontextmenu=new Function('alert("Dilarang Copy-Paste Artikel Admin"); return false')

</script>

Script berikut berfungsi untuk mematikan tombol kanan mouse

Perlu bukti? Coba saja tekan keyboard atau klik kanan saat membuka website saya, pasti tidak bisa. cara ini saya lakukan untuk sedikit melindungi artikel – artikel saya.

Related Post :