Okeh, kali ini saya ingin coba sharing mengenai cara melindungi system windows agar tidak rusak karena virus atau kesalahan penggunaan yang tidak disengaja maupun disengaja. Saya ingin memperkenalkan kepada kalian aplikasi deep freeze.

Aplikasi ini berguna untuk mengunci posisi terakhir harddisk pada saat deep freeze dinyalakan. Contohnya adalah seperti ini, saat pukul 17.00 saya menyalakan deep freeze dan mengatur hanya berlaku untuk partisi drive C. Lalu pukul 17.08 saya menyimpan file didrive C, dan pukul 17.14 saya merestart komputer, pastilah file tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Hal ini juga sering kita temui pada pemberitahuan jika kita sedang diwarnet, dimana dikatakan untuk menyimpan file haruslah didrive D, jangan di drive C atau my document. Ini dikarenakan drive C tersebut telah dikunci oleh deep freeze.

Kenapa drive C nya saja yang dideep freeze? Tentu hal ini dimaksudkan untuk mengunci “System Windows” agar tidak berubah sama sekali walau terjangkit virus saat sedang internetan, atau lainnya. Sedangkan untuk file – file yang kita buat seperti tugas dan lainnya, bisa dibilang adalah hal sepele, jadi kalau hilangpun tidak begitu jadi masalah. Sehingga windows komputer anda akan selalu aman.

Tapi jika ada virus yang terdapat didrive D, ya file – file yang ada didrive D ya tetap kena virus hehe. Ini adalah resiko, tapi masih lebih baik daripada windowsnya yang rusak dan harus install ulang. Karena jika kita pasangkan deep freeze untuk semua partisi harddisk, tentu kita tidak dapat menyimpan file dimanapun kan?

Selain keuntungan kita dapat mengamankan system windows kita, tentu ada kekurangan juga dalam penggunaan deep freeze ini, contohnya adalah jika mati lampu, atau komputer mati mendadak, biasanya kita akan menemukan file recovery jika kita sedang mengerjakan tugas atau melakukan sesuatu diaplikasi tertentu seperti microsoft office.  Nah, jika kita gunakan deep freeze maka fitur file recovery jelas tidak berguna, kenapa? Tentu karna file recovery akan tersimpan didrive C sedangkan drive C kita gunakan deep freeze.

Sekian dari saya, baik buruknya silahkan diperhatikan terlebih dahulu.

Related Post :