Baik, kali ini saya akan sharing mengenai jenis rangkaian. Dalam rangkaian elektronika terdapat 3 jenis rangkaian, yaitu Seri, Paralel, dan Campuran.  Setiap rangkaian memiliki fungsi, kelebihan dan kekurangannya masing – masing, tergantung dari komponennya juga.

Rangkaian Seri ialah kaki antar komponen saling bertemu dalam satu jalur, saya ambil contoh adalah seperti gambar bateraipada bagian kiri dibawah ini

Perbedaan Rangkaian Seri Paralel

Dibagian kiri, kaki negatif baterai (yang kakinya pendek) disambung keground. Lalu kaki positif baterai V1 bertemu kaki negatif baterai V2, kaki positif V2 bertemu kaki negatif V3, dst.

Sedangkan rangkaian paralel ialah komponen satu sama lain kaki – kaki yang sejenis disambungkan. Sehingga tercipta banyak jalur. Seperti gambar diatas sebelah kanan, semua kaki negatif baterai disambungkan ke ground, sedangkan semua kaki positif baterai disambungkan untuk menjadi sumber tegangan.

Yang terakhir adalah rangkaian campuran, yaitu adalah rangkaian yang terdiri dari rangkaian seri dan paralel.

Saya sengaja tidak menjelaskan beda kedua rangkaian diatas, karna seperti yang saya bilang sebelumnya, beda komponen akan berbeda fungsinya 

Related Post :