Bagaimana dengan manajemen komputer anda? Apakah terlihat rapih? Atau tidak? Kali ini saya akan sedikit share cara memanage komputer anda agar terlihat lebih rapih. Dan lebih mudah dalam melakukan hal lain tentunya. Sedikit tips dari saya adalah :
  ·         Buat partisi harddisk menjadi 3 partisi, yaitu drive C untuk system windows dan tempat install aplikasi. Drive D untuk menyimpan data. Dan drive E untuk menyimpan master – master atau file - file mentahan dari aplikasi yang kita punya
  ·         Taruh  semua file pada folder yang terpisah dan sudah dikategorikan yang sesuai

Ini adalah contoh dari 3 partisi harddisk


Contohnya ini adalah tampilan desktop komputer saya, dapat dilihat disebelah kiri cukup tercampur antara aplikasi – aplikasi, folder, serta file biasa tercampur – campur. Bahkan ada folder yang masih belum dinamai sehingga aga bingung bahkan kita suka lupa apa isi dari folder tersebut. Karna komputer ini saya pakai berdua dengan saudara saya, saya membuat sebuah folder sendiri yaitu folder “App Diaz” agar saya mudah jika ingin menggunakan aplikasi – aplikasi yang saya punya


Coba kita masuk kefolder saya :p, terdapat beberapa aplikasi yang sering saya gunakan, serta saya buat lagi shortcut menuju folder yang berisi seluruh file yang saya punya didrive D

Terlihat lebih rapih bukan? Kalau diibaratkan ini adalah tampilan desktop komputer saya pribadi haha. . Sekarang kita masuk lagi ke folder saya


Masih belum ada file – file biasa, semua sudah saya pisahkan. Untuk mp3 ada foldernya sendiri, sehingga tidak ada file mp3 difolder – folder lain, sehingga lebih mudah jika ingin mencari sebuah lagu. Begitupun untuk video, tugas kampus, dan lain – lain. Sekarang kita masuk ke folder App







Disin barulah terdapat semua mentahan – mentahan aplikasi yang saya punya. Kalau berdasarkan tips diatas, taruhlah file – file seperti ini didrive E agar lebih mudah ditemukan. Berhubung saya menggunakan komputer berdua, lebih baik saya pisah difolder saya sendiri. Sekarang coba kita tengok folder elektro




Terlihat masih juga saya pisahkan, untuk proyek – proyek yang ada, atau skema, atau materi – materi penting saya pisahkan. Sedangkan ketiga file tersebut, beruhubung bagi saya bukan materi yang penting, jadi saya taruh saja diluar.

Bagaimana menurut anda? Bukankah manajemen file seperti diatas akan terlihat rapih? Lebih mudah menemukan file yang kita butuhkan. Saran saya, gunakanlah cara seperti ini agar memudahkan kedepannya













Related Post :