Bagaimana
dengan manajemen komputer anda? Apakah terlihat rapih? Atau tidak? Kali ini
saya akan sedikit share cara memanage komputer anda agar terlihat lebih rapih.
Dan lebih mudah dalam melakukan hal lain tentunya. Sedikit tips dari saya
adalah :
·
Buat
partisi harddisk menjadi 3 partisi, yaitu drive C untuk system windows dan
tempat install aplikasi. Drive D untuk menyimpan data. Dan drive E untuk
menyimpan master – master atau file - file mentahan dari aplikasi yang kita
punya
·
Taruh semua file pada folder yang terpisah dan
sudah dikategorikan yang sesuai
Ini adalah
contoh dari 3 partisi harddisk
Contohnya
ini adalah tampilan desktop komputer saya, dapat dilihat disebelah kiri cukup
tercampur antara aplikasi – aplikasi, folder, serta file biasa tercampur –
campur. Bahkan ada folder yang masih belum dinamai sehingga aga bingung bahkan
kita suka lupa apa isi dari folder tersebut. Karna komputer ini saya pakai
berdua dengan saudara saya, saya membuat sebuah folder sendiri yaitu folder
“App Diaz” agar saya mudah jika ingin menggunakan aplikasi – aplikasi yang saya
punya
Coba kita
masuk kefolder saya :p, terdapat beberapa aplikasi yang sering saya gunakan,
serta saya buat lagi shortcut menuju folder yang berisi seluruh file yang saya
punya didrive D
Terlihat
lebih rapih bukan? Kalau diibaratkan ini adalah tampilan desktop komputer saya
pribadi haha. . Sekarang kita masuk lagi ke folder saya
Masih
belum ada file – file biasa, semua sudah saya pisahkan. Untuk mp3 ada foldernya
sendiri, sehingga tidak ada file mp3 difolder – folder lain, sehingga lebih
mudah jika ingin mencari sebuah lagu. Begitupun untuk video, tugas kampus, dan
lain – lain. Sekarang kita masuk ke folder App
Disin
barulah terdapat semua mentahan – mentahan aplikasi yang saya punya. Kalau
berdasarkan tips diatas, taruhlah file – file seperti ini didrive E agar lebih
mudah ditemukan. Berhubung saya menggunakan komputer berdua, lebih baik saya
pisah difolder saya sendiri. Sekarang coba kita tengok folder elektro
Terlihat
masih juga saya pisahkan, untuk proyek – proyek yang ada, atau skema, atau
materi – materi penting saya pisahkan. Sedangkan ketiga file tersebut,
beruhubung bagi saya bukan materi yang penting, jadi saya taruh saja diluar.
Bagaimana
menurut anda? Bukankah manajemen file seperti diatas akan terlihat rapih? Lebih
mudah menemukan file yang kita butuhkan. Saran saya, gunakanlah cara seperti
ini agar memudahkan kedepannya