Baiklah, sekarang saya akan membuat sebuah tutorial membuat
Layout PCB dengan bantuan aplikasi design macromedia freehand MX
1.
Buat dulu sampel lubang komponen
·
Pertama – tama buka dulu aplikasi freehand MX
·
Kedua, kita buat garis bantu dan munculkan penggaris
seperti artikel yang pernah saya tulis mengenai fungsi garis bantu
·
Buat sebuah kotak, dengan rectangle tool, lalu
kita buat garisnya tipis saja dengan pilih dulu kotak tersebut, buka panel
properties. Ada tulisan Stroke. Basic, 1pt. Pada bagian tebalnya ganti point
yang 0,352 kita pilih harilines saja, seperti gambar dibawah ini.
· Beri warna dalamnya menjadi hitam, dengan cara
klik icon yang ada dikanan bawah pada gambar dibawah ini, lalu pilih warna
hitam, dan kotaknya akan menjadi hitam semua, seperti gambar dibawah ini (saya
sertakan contoh kotak yang masih tebal, sudah ditipiskan, dan diberi warna
hitam pada dalamnya)
·
Saya standarnya memilih ukuran 1,4mm x 2,5mm.
Dan kalian juga ubah saja dulu dengan cara dipanel properties terdapat tulisan
“w” dan “h” yaitu width dan height. Kalian ganti menjadi w = 1,4 dan h = 2,5
· Agar terlihat rapih kita buat agar tiap sudutnya
aga membelok, dengan menggunakan tool subselect. Akan terlihat 4titik, kita
klik saja salah satunya, dan atur agar terlihat seperti gambar dibawah ini
·
Sekarang kita buat sebuah lingkaran dengan tebal
hairline juga, dengan w = 1 dan h = 1. Tapi sekarang garis luar dan dalam kita
buat berwarna putih. Yaitu seperti memberi warna hitam pada kotak, sekarang
pada tool colors, kita beri garisii luar dan dalam berwarna putih, sehingga
lingkaran tersebut tidak terlihat sama sekali.
·
Sekarang kita pilih kedua objek tersebut, dan
kita gunakan fungsi align center untuk sumbu vertikal dan horizontal
·
Nah, dari obejk inilah kita akan mulai membuat
layout PCBnya