Ini adalah artikel lanjutan saya sebelumnya mengenai cara menggunakan macromedia freehand MX untuk membuat layout PCB. Pada artikel sebelumnya kita membuat sampel lubangnya terlebih dahulu, dan sekarang kita akan membuat layout PCBnya

Cara Pertama, Buat dahulu sampel lubang dengan cara yang dapat anda lihat di artikel saya sebelumnya

Cara Kedua
  ·         Buat sampel – sampel komponen sesuai jarak antar kaki seperti dengan aslinya, buat setiap komponen yang memliki jarak yang sama, cukup 1 sampel dulu
  ·         Beri garis bantu untuk sumbu vertikal dan horizontal, dan beri titik pusatnya di garis yang bersentuhan
·         Taruh satu sampel contoh lubang ke pojokkan garis tersebut
  ·         Ukur jarak antar kaki menggunakan penggaris, disini saya misalnya sebuah resistor memiliki jarak 1,2cm atau 12mm
  ·         Buat garis bantu dengan jarak 12mm dengan garis bantu yang pertama
·         Copy dan Pastekan sampel lubang ke pojokkan yang lainnya
  ·         Sehingga kurang lebih gambar akan seperti ini. Dua buah sampel lubang yang memiliki jarak 12mm
Tutorial Freehand MX : Cara Buat Layout PCB (2)
·         Untuk mengenai cara penggunaan garis bantu dan titik pusatnya silahkan lihat artikel saya yang lainnya

Cara Ketiga
  ·         Lakukan cara diatas untuk membuat semua sampel komponen yang dibutuhkan sehingga seperti ini
Tutorial Freehand MX : Cara Buat Layout PCB (2)
  ·     Berikut adalah 4 buah sampel komponen yaitu yang pertama LM7805. Kedua, Resistor dimana saya ambil sampel 1,2cm untuk semua resistor yang saya gunakan. Ketiga, Variabel Resistor, dan Keempat untuk Kristal, Capasitor, dan Dioda.
  ·     Dari langkah ini saat kita butuh resistor atau lainnya, kita tidak perlu membuat manual semuanya. Cukup sekali membuat sampel, sehingga tingal copy paste saja.

Cara Keempat, disinilah intinya, yaitu membuat jalur
  ·     Saya ambil contoh sederhananya skema dibawah ini
Tutorial Freehand MX : Cara Buat Layout PCB (2)
  ·     Jalurnya adalah dari Ground bertemu kaki negatif Baterai, Kaki positif Baterai bertemu kaki resistor, kaki resistor lainnya bertemu dengan kaki LED, dan kaki LED lainnya bertemu lagi dengan ground
·         Buat dulu 2 buah sampel lubang untuk kutub negatif dan positif baterai, dan taruh sampel komponen untuk resistor dan LED, sehingga kurang lebih seperti ini. Saya buat sengaja tidak lurus, agar sekalian simulasi membuat jalur yang berbelok – belok. Dan bila perlu beri nama terlebih dahulu agar tidak bingung saat menghubungkan antar lubang
Tutorial Freehand MX : Cara Buat Layout PCB (2)
  ·     Sekarang beri garis antar lubang sesuai dengan skema, Lebih baik menggunakan pen tool agar jika kita membuat jalur yang berbelok – belok kita tidak perlu membuat banyak garis, sehingga terbentuk seperti ini.
Tutorial Freehand MX : Cara Buat Layout PCB (2)
  ·     Sengaja juga saya buat garisnya berantakan karna untuk yang tidak terbiasa menggunakan freehand, pastilah aga sulit membuat garis lurus. Sekarang kita rapihkan dengan cara mengklik garis yang ingin diperbaiki. Saya ambil contoh, saya klik dari lubang kutub positif ke resistor, lalu saya klik lagi titik yang berada ditengah sehingga seperti ini
Tutorial Freehand MX : Cara Buat Layout PCB (2)
  ·     Sekarang tekan pada titik yang tengah, atau yang berwarna putih, sampai tercipta garis lurus. Lakukan ini untuk setiap garis. Dan buat setiap garis berada diposisi belakang dengan cara klik kanan pada garis, pilih arrange, pilih send to back. Sehingga hasilnya seperti ini
Tutorial Freehand MX : Cara Buat Layout PCB (2)
  ·     Sudah jadi, rapih, dan dapat kita edit sesuka hati kapanpun. Tapi perlu diingat, jika kita ingin print untuk disablon membuat PCB, harus diberi mirror terlebih dahulu

Related Post :