Kali ini saya akan share mengenai fungsi – fungsi tool pada macromedia freehand MX
Tutorial Freehand MX : Fungsi Tool (2)


  11.       Elipse, untuk membuat sebuah lingkaran seperti ini
Tutorial Freehand MX : Fungsi Tool (2)
  12.       Rectangle /  Polygon Tool, untuk membuat sebuah persegi atau polygon seperti ini
Tutorial Freehand MX : Fungsi Tool (2)

  13.       Scale / Rotate / Reflect / Skew Tool, dapat and abaca artikel saya dibagian “fungsi Align dan Transform
  14.       Freeform / Roughen / Bend Tool,
Freeform, untuk mengubah bentuk objek sesuka hati. Seperti contoh ini adalah sebuah lingkaran yang saya buat duplikatnya. Lalu saya pilih objek yang kedua, dan saya gunakan freeform ini, saat kita tekan tombol kiri mouse, akan terlihat sebuah lingkaran, dan jika kita sentuhkan ke objek yang kita pilih, dia akan berubah sesuai dengan bentuk objek yang tersentuh. Pada contoh ini, lingkarannya saya sentuh di tiga tempat, dan hasilnya seperti ini
Tutorial Freehand MX : Fungsi Tool (2)
  15.       Eraser, untuk menghapus objek, yang terpilih. Jika tidak terpilih, tidak akan berfungsi tool ini
  16.       Knife, berfungsi untuk memotong objek, seperti contoh ini, ada sebuah lingkaran yang saya buat duplikatnya. Lalu saya pilih objek kedua, dan dipotong secara vertical dan horizontal menjadi 4 bagian, dan hasilnya kita dapat memecah lingkaran tersebut menjadi 4 bagian seperti contoh ini
Tutorial Freehand MX : Fungsi Tool (2)
  17.       Perspective / 3D Rotation / Fish Eye, dapat melihat artikel saya lainnya dibagian “fungsi extra tool
  18.       Extrude / Smudge / Shadow Tool,
Exttude, untuk seakan – akan menjadi 3dimensi, seperti contoh dibawah ini
Tutorial Freehand MX : Fungsi Tool (2)
Untuk smudge dan shadow tool dapat melihat artikel saya lainnya dibagian “fungsi extra tool
  19.       *Trace,
  20.   Blend / Mirror / Graphic Hose / Chart Tool, dapat melihat artikel saya lainnya dibagian “fungsi extra tool

Nb : Tanda * berarti saya kurang tau percis fungsi dari tool tersebut, harap maklum. Dan tanda / berarti kita dapat memilih salah satu tool tersebut dengan menekan tombol kiri pada icon yang diinginkan

Related Post :