Kali ini saya akan membahas mengenai sebuah alat yaitu power supply. Tapi disini bukanlah power supply untuk catu daya computer, dan lain sebagainya. Power Supply disini berfungsi sebagai pengganti baterai sementara, amat membantu dalam menganalisa kerusakan, dan tedapat amperemeter untuk mengetahui arus sebuah elektronika. Sebetulnya power supply ini sering digunakan dalam reparasi handphone. Berhubung saya anak elektronika juga, bukan hanya sekedar teknisi handphone, alat ini tentu amat dibutuhkan. Bentuknya kurang  lebih seperti ini

 
 
Cara menggunakannya adalah cukup dengan menekan tombol power, lalu atur berapa volt tegangan yang kita butuhkan, lalu tempelkan kabel merah serta hitam, pada bagian tegangan input elektronika yang mau kita uji.

Contohnya, jika kita atur skala 3,7volt lalu kita tempelkan pada konektor baterai handphone, dan handphone kita tekan tombol power, pasti handphone akan menyala.

Selain sebagai pengganti baterai, bisa juga sebagai penguji speaker. Untuk menguji speaker, atur skala pada 0,5 – 1volt lalu tempelkan pada kedua pin speaker, jika terdapat bunyi dan amperemeter naik turun, berarti speaker masih berfungsi.

Dengan power supply inipun kita dapat mengetahui sebuah papan elektronika terdapat short atau konsleting atau tidak. Jika kedua kabel power supply saling bersentuhan, akan terjadi bunyi yang cukup keras sebagai tanda terdapat konsleting antara kutub positif dan negative. Jadi jika kita pasang kedua kabel tersebut pada kutubnya masing – masing disebuah papan elektronika, lalu power supply berbunyi cukup keras, berarti papan tersebut terdapat short.

Related Post :