Tutorial Excel 2007 : Fungsi Menu Data


Okeh, kali ini saya  akan membahas fungsi – fungsi dari menu data dimicrosoft excel. Mungkin tidak semua orang mengerti dan sering menggunakannya, tapi mungkin artikel ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan

Menu Get Internal Data
·         From Access, untuk mengambil data dari file access
·         From Web, untuk mengambil data dari file web
·         From Text, untuk mengambil data dari file seperti notepad
·         From Other Sources, untuk mengambil data dari sumber lain, seperti SQL, dsb.
·         Existing Connections, untuk melihat koneksi yang ada

Menu Connections
·         Refresh All, untuk merefresh koneksi
·         *Connection,
·         Properties, untuk mengubah pengaturan koneksi
·         *Edit Links,

Menu Sort & Filter
·         Sort A to Z, untuk menshort baris dari abjad A sampai Z
·         Sort Z to A, untuk menshort baris dari abjad Z sampai A
Sebagai contoh saya buat data seperti ini :
fungsi sort excel 2007

Jika saya klik di kolom b, dan saya sort A to Z maka semua baris akan berubah berdasarkan urutan kolom b dari A to Z. yaitu dari huruf A sampai J. Begitupun sebaliknya jika saya pilih sort Z to A
fungsi sort excel 2007
Dan jika saya klik di kolom a, dan saya sort A to Z maka semua baris akan berubah berdasasrkan urutan kolom a dari A to Z, yaitu dari angka 1 sampai 10, tapi untuk penyorotan angka akan berdasarkan dari angka terdepan, seperti contoh tersebut adalah 1, 1,10,11. . . .,2,20,3,4,dst.
fungsi sort excel 2007
·         Sort
Sama seperti fungsi Sort diatas, tapi kita dapat menyortir dengan lebih spesifik. Seperti berdasarkan warna cell, warna text. Dsb.
Sebagai contoh saya buat sebuah data beserta warna seperti ini
fungsi sort excel 2007
Lalu saya klik menu custom sort, dan akan menjadi seperti ini
fungsi sort excel 2007
Disini terdapat 4 cara mensortir, yaitu dengan cara Values atau seperti sort A to Z dan sebaliknya. Dengan cara Color Cell yaitu berdasarkan warna cell, Color Text yaitu berdasarkan warna Text, serta dengan cara Cell Icon. Sebagai contoh Saya atur sortiran tambahan dengan cara klik Add Level, lalu saya buat 5 tingkat sortiran berdasarkan warna sehingga seperti gambar berikut
fungsi sort excel 2007
Lalu hasilnya akan menjadi seperti iniii
fungsi sort excel 2007
·         Filter, untuk memfilter berdasarkan kolom, seperti contoh saya buat data seperti ini
fungsi filter excel 2007


Lalu saya klik filter dan akan terdapat beberapa tombol seperti ini
fungsi filter excel 2007
Jika saya klik pada bagian pembelian, lalu saya hanya pilih bagian  kertas, maka akan tersortir data pembelian kertas saja seperti ini
fungsi filter excel 2007
·         Clear, untuk menghilangkan hasil sortiran
·         *Reapply,
·         *Advanced,

Menu Data Tools
·         *Text To Column,
·         Remove Duplicate, untuk menghapus jika ada data yang sama. Sebagai contoh saya buat data seperti ini
Fungsi Remove Duplicate Excel 2007
Lalu saya remove duplicate, dan saya pilih pada bagian pembelian, maka data pembelian hanya akan tersisa masing – masing satu data saja seperti gambar dibawah ini

Fungsi Remove Duplicate Excel 2007


·         *Data Validation,
·         *Consolidate,
·         *What-If Analysis,

Menu Outline
·         Group, untuk membuat sebuah group berdasarkan kolom atau baris, hampir sama fungsinya dengan fungsi hide
·         Ungroup,  untuk melepas sebuah group
·         *Subtotal,
·         Show Detail, untuk melihat detail group



·         Hide Detail, untuk menutup detail group

Related Post :