Kali ini saya akan memberikan sedikit cara memeriksa kerusakan speaker handphone. Terkadang banyak orang yang tidak mengerti cara menggunakan handphone dengan baik, sehingga speaker yang sebetulnya tidak rusak, tapi dianggap rusak. Berikut adalah cara memeriksanya

  ·         Pinjamlah handphone teman atau keluarga anda 1 buah
  ·         Telponlah kehandphone tersebut, buat volume menjadi maximal terlebih dahulu, dengan cara biasanya terdapat tombol volume, atau menekan tombol atas danbawah atau kiri dan kanan.
  ·         Jika handphone yang tidak rusak sudah menerima panggilan tapi dihandphone anda tidak ada suara nada sambung, dipastikan speaker kecil anda atau receiver rusak, lalu anda buat handphone anda menggunakan loud speaker atau speaker besar, jika tidak ada nada sambung juga, berarti loud speaker andapun rusak.
  ·         Untuk mengetes bagian mic, gunakan fitur rekaman suara jika ada. Jika fitur rekaman suara berfungsi dengan baik, maka mic dipastikan baik. Jika tidak terdapat fitur tersebut, coba telpon ke handphone lain, dan biarkan anda berbicara sendiri, apakah lawan bicara dapat mendengar anda. Jika bisa berarti mic dalam keadaan baik, dan jika tidak bisa mendengar suara anda, berarti mic anda rusak.

Lalu bagaimana jika memang speaker atau mic kita sudah terbukti rusak? Anda harus bongkar, lalu coba dibersihkan dulu setiap konektornya, kalau belum berhasil, coba ganti komponen tersebut.

Penggantian komponen maupun software ulang bukanlah solusi yang berlaku untuk semua masalah, karna terkadang bisa juga ada jalur atau komponen yang rusak yang menyebabkan tidak berfungsinya speaker maupun mic.

Related Post :
22 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Di Bawah
  1. Masih idup gak ini blog nya?

    Klo masih idup tolong bls ya.
    Hp oppo r831
    Masalah : klo bwt telfon suara nya gak ada. Tp klo di loadspeaker ada. Misal saya telfon temen. Suara nya gak ada tp stlh diload speaker ada. Gitu juga sebaliknya. Klo temen yg nelfon saya, gak ada suara. Jd harus di loadspeaker (nb : nada dering idup. Gak ada suara itu posisi udah angkat telfon)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih oppo saya juga begitu, tolong pencerahan nya dong. Udah ada yang dapat solusinya belum?
      Terimakasih

      Hapus
    2. Sma hp oppo f1s saya juga kyk gtu om.... Bagi ilmu nya om gmna cara mengatasi nya

      Hapus
    3. Hp oppo saya neo 9 permasalahan nya pas merekam vidio gan,itu suara nya hilang tapi kalo buat tlp bisa.

      Hapus
    4. Hp oppo saya neo 9 permasalahan nya pas merekam vidio gan,itu suara nya hilang tapi kalo buat tlp bisa.

      Hapus
    5. Hp oppo saya neo 9 permasalahan nya pas merekam vidio gan,itu suara nya hilang tapi kalo buat tlp bisa.

      Hapus
  2. Sama gan...hp ane lenovo 6010 kalo buat nelpon kagak ada suaranya..diloadspeaker baru bisa..

    BalasHapus
  3. Gan, itu ada 2 kemungkinan klo hp yg kalian gunakan berbasis android,
    Pertama mic kalo gak speaker tlp nya rusak, mic digital memang mudah rusak kalau di tiup apa lg bila terkenan air atau lembab, solusi ganti mic atau gak speaker tlp nya.

    Kedua, bisa jadi karena firmware/room yg digunakan terdapat bug nya. Coba ganti ke firmware versi asal yg prtama digunakan di androidnya.

    BalasHapus
  4. Mohon pencerahan gan, ini BlackBerry q10 saya, dipakai ngrekam video dan rekaman suara microphone berfngsi dengan baik, tapi kalo dipakai telp micnya gak berfungsi, jadi lawan bicara kita tidak bisa mendengar saya bicara.. gimana cara mengatasinya gan. Makaskih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebalik gan, saya malah buat nelpon doang bisanya tuh mic

      Hapus
  5. Hp saya vivo y21 gtw knp mulai dr nada ponsel,musik,bbm,whatsapp dll ga ada suara sama skli tp klw menggunakan headset ada,tolong dibantu ya mksih

    BalasHapus
  6. mohon dibantu yahh 😊
    HP sy samsung S4. ada masalah pada voice recordernya. suara sy tdk bisa terekam saat pake aplikasi line call, video recorder, voice recorder, trlebih untk smule 😟😭 tp untk menelpon bagus kok. suara sy terdengar oleh pnerima tleponnya. kira2 apanya yg brmasalah yahh? sudah sy cek izin akses perekam suara d tiap aplikasi, tp smuanya baik2 saja 😏

    BalasHapus
  7. Hp saya xperia zr, dengar lagu, dengar video, menelpon dan di telpon tidak bersuara. Tapi notifikasi ny bersuara.

    Mohon info ny apa yg kena di hp saya

    BalasHapus
  8. Klo HP gue Lenovo a7000 buat telepon yg kita telepon GK bakalan denger suara kita,,tapi buat ngerekam bisa,,,sudah di factory resort,update firmware n ganti hardware Microsoft nya tetep GK bisa kira2 ada yg tau GK ya knp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas punya saya juga a7000 dan kebetulan masalahnya sama sampe sekarang juga belum bisa,kalo masnya udah Nemu solusinya belum?

      Hapus
  9. hape q a6010,, speaker utk telp lumayan tp klo utk music n vioce note (wechat) suara gemreseeekkk,, ini knapa ya

    BalasHapus
  10. more info repair apple mu di siniiii => SERVICE MACBOOK IMAC MAC PRO IPHONE IPAD IPOD DI SEMARANG DEMAK UNGGARAN KENDAL Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda http://onsite.znotebookrepair.com

    BalasHapus
  11. Kenapa ya gan, hp saya lenovo a6010 lau pake hendset nelpon suara saya tidak bisa d deger, tapi kalau musik bsa?? Semua handset bgitu..
    Kalau tanpa hendset bisa
    Cra mmperbaikinya gmna y gan?

    BalasHapus
  12. Om mau tanya niih mic hp q d ganti baru ttp tdk bisa d pake , jd klo telfon harus pake headshet , itu knp yaa??? Mohon pencerrahan

    BalasHapus
  13. Mas saya mw tanya kenapa hp asus saya tidak bisa mendengar klo menelpon atau d tlp.. tapi bisa klo panggilan melalui whats up.. tolong pencegahannya.. trims

    BalasHapus
  14. Spekaer media saya kemarin gax ada suara tapi sekarang sudah ada..saya mau share pengalaman saya..pasang hadseat kalian lalu nyalakan musik dan matikan handpone anada dengan kondisi heatset anda masih terpasang..lalu nyalakan lagi...dgn metode ini alhamdulilah speaker hp saya jadi normal kembali..

    BalasHapus
  15. Spekaer media saya kemarin gax ada suara tapi sekarang sudah ada..saya mau share pengalaman saya..pasang hadseat kalian lalu nyalakan musik dan matikan handpone anada dengan kondisi heatset anda masih terpasang..lalu nyalakan lagi...dgn metode ini alhamdulilah speaker hp saya jadi normal kembali..

    BalasHapus