Bingung, handphone anda mendadak tidak muncul gambarnya? Jangan langsung bingung, panik, atau membawa kekonter atau service center karena biaya yang mahal. Kali ini saya akan sedikit memberi cara untuk memeriksa kerusakan pada layar LCD.

Jika saat anda nyalakan handphone layar blank tanpa masuk menu, coba gunakan cara ini
  ·         Jika layar anda blank hitam: masukkan kartu sim, nyalakan handphone, tunggu 5 menit. Jika bisa ditelpon maka LCD anda rusak. Jika tidak bisa ditelpon bisa mesin atau software anda yang rusak.
  ·         Jika layar anda blank putih : jika dalam 5 menit handphone anda layarnya menjadi redup, kemungkinan LCD rusak. Jika lebih dari 5 menit layar handphone tidak redup juga bisa mesin atau software anda yang rusak. Dan juga gunakan cara menggunakan kartu sim diatas.

Kedua cara diatas adalah cara termudah bagi saya untuk mendeteksi kerusakan layar handphone. Kenapa menggunakan cara diatas, saya akan menjelaskannya.

Handphone rata – rata memerlukan waktu untuk booting sampai masuk menu kurang dari 5 menit, Kecuali mungkin device blackberry yang memang membutuhkan waktu booting lebih lama. Jika kita diamkan sebuah handphone, pasti handphone tersebut layarnya akan redup karna masuk menu  standby. Maka dari itu, jika software handphone rusak bisa saja handphonenya hanya hang saja, dan tidak masuk ke menu sehingga layarpun tidak akan pernah redup.
Jika handphone berhasil masuk menu standby berarti handphone berfungsi dengan baik, hanya layarnya saja yang muncul karna LCD yang rusak. Kita menggunakan cara ditelpon untuk mengetahui apakah handphone tersebut berjalan atau tidak.

Penggantian LCD maupun software ulang bukanlah solusi yang berlaku untuk semua masalah, karna terkadang bisa juga ada jalur atau komponen yang rusak yang menyebabkan tidak berfungsinya LCD.

Related Post :
2 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Di Bawah
  1. Jika layar anda blank hitam terus masukkan kartu sim, nyalakan handphone,setalah 5 menit. Bisa ditelpon. Tp Terkadang layar hidup secara normal juga. Itu kenapa ya bos??

    BalasHapus