Okeh, kali ini saya akan share bagaimana cara mengatasi handphone yang terendam air, tersiram air atau sejenisnya. Pada dasarnya, handphone adalah sebuah barang elektronik dimana kalau tersiram atau terendam air maka handphone tersebut akan konslet.

Ada saja orang yang melakukan sembarang tindakan untuk mengatasi masalah ini, contohnya dicharge semalaman, tentu ini adalah tindakan yang amat bodoh! Kenapa? Karna saat terendam, air akan masuk kedalam handphone, dan jika kita charge maka akan ada arus listrik mengalir dihandphone tersebut yang mengakibatkan handphone akan konslet parah.

Solusi tepat untuk mengatasi handphone yang terendam adalah dengan membersihkan dan mengeringkannya, yaitu dengan cara membuka seluruh komponen handphone, dilap saja, atau kalau saya biasa membersihkan dengan cairan IPA (Isoprophil Alcohol) atau anda dapat menggunakan tiner yang lebih mudah ditemukan. Setelah semua komponen bersih dari air, keringkan sampai benar – benar kering. Baru dipasang lagi dan dinyalakan

Jika anda tidak bisa membongkar handphone, anda bisa menjemur handphone tersebut sampai anda yakin benar – benar kering. Biasanya kalau handphone terendam air, akan ada bekas – bekas air dibagian layar LCD, anda jemur saja sampai benar – benar kering, sampai tidak ada air yang tersisa. Jika tempat anda panas, mungkin hanya butuh sehari, tapi jika ditempat anda tidak panas, mungkin butuh waktu lama.

Dalam mengeringkan handphone, jangan hanya sekedar melihat tampilan luar, atau mesinnya saja, karna didalam handphone terdapat IC BGA yang kakinya tidak terlihat, dan kita juga tidak dapat memastikan bagian kaki IC tersebut apakah sudah kering atau belum.

Related Post :